• Waspada! Suhu Bumi Naik Hampir 2 Derajat

    Pemanasan global atau efek rumah kaca yang terjadi karena emisi karbon dan metana serta dampak dari pengrusakan lingkungan oleh ulah manusia akan menjadi skenario berbahaya dan membawa dampak di bumi yang serius, jika tidak ada tindakan sungguh-sungguh untuk mencegah efek pemanasan global ( global warming) dengan melakukan pencegahan dan perbaikan bumi.

  • Stop Bad Mood Dengan Air Putih!

    Saat mood Anda terganggu, coba minum air untuk memperbaikinya. Mengapa? Karena Anda mungkin sedang dehidrasi! Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan di University of Connecticut oleh Lawrence E Armstrong dan Harris R Lieberman. Studi ini menemukan fakta bahwa berkurangnya cairan pada tubuh dapat berdampak pada suasana hati ,konsentrasi dan performa kerja Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, emosi jadi lebih sulit dikendalikan dan kita jadi lebih mudah tersinggung atau marah serta kurang berkonsentrasi pada pekerjaan

  • Enam Kota Berkualitas Udara Baik

    Jakarta (ANTARA) - Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup terhadap kualitas udara perkotaan, tiga kota metropolitan dan tiga kota besar masih meraih nilai tertinggi dan dianggap memiliki kualitas udara terbaik. Ke enam kota tersebut mendapatkan penghargaan yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup

  • Cerahkan Wajah dengan Sayuran

    Kebanyakan dari kita ingin memiliki kulit bersinar, terutama saat tua mulai menyapa. Beragam pola hidup dan perawatan pun dilakukan agar kulit tetap kinclong nan pesona. Bahkan, tak sedikit yang rutin berjemur di pagi hari untuk menangkap cahaya surya.

  • Jateng Target Tanam 100 Juta Pohon

    Penanaman 100.000 pohon dilakukan Kodam IV Diponegoro dalam rangka HMPI, Bulan Menanam Nasional (BMN), Kampanye Indonesia Menanam (KIM), dan Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011. Untuk wilayah Klaten mendapat jatah 45.000 bibit, sisanya di Boyolali dan Sleman.

Powered by Blogger.

Solo Sambut Baik Penerangan Jalan Bertenaga Surya

Posted by rizkipd On 8:36 AM No comments

Solo sambut baik penerangan jalan
Solo sambut baik penerangan jalan

Solo (ANTARA) - Wali Kota Solo, Joko Widodo, menyambut baik tawaran PT PLN
merealisasikan penggunaan tenaga surya untuk mengganti energi lampu penerangan jalan umum.

"Kami akan bahas kelanjutannya bersama PLN nanti. Jika memang bisa direalisasikan segera, pada 2012 nanti mungkin bisa dilaksanakan di Slamet Riyadi," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo.

Dia mengatakan kesediaan menggunakan energi tenaga surya dan LED untuk PJU tersebut dikarenakan teknologi itu tidak akan menggunakan kabel untuk mengalirkan listrik.

"Ketiadaan kabel-kabel listrik ini akan membuat pepohonan di sepanjang jalan raya dapat menjadi lebih rindang lagi," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Perencanaan dan Manajemen Risiko PT PLN, Murtaqi Syamsuddin, menawarkan Pemerintah Kota Surakarta tentang penggantian energi alternatif untuk penerangan jalan umum untuk menghemat pengeluaran dana.

"Kalau seluruh lampu penerangan jalan di Solo menggunakan tenaga surya, bisa dipastikan dana untuk PJU semakin berkurang. Selama ini Solo mengeluarkan dana hingga Rp24 miliar untuk itu," kata Murtaqi.

Dalam perhitungan tertentu, kata dia, pemerintah kota bisa "balik modal" dalam dua tahun penggunaan tenaga surya.

Selain menghemat pengeluaran, kata dia, tenaga surya juga merupakan teknologi yang ramah lingkungan yakni mengurangi emisi.

Murtaqi mengatakan penerangan jalan tol di beberapa kabupaten/kota merupakan contoh realisasi penggunaan tenaga surya yang telah berhasil dilakukan oleh PLN.  (ANT-202)

Editor: Ade Marboen
Ilustrasi : http://indonetwork.co.id/alloffers/75/lampu-penerangan-jalan.html
Sumber : http://www.antaranews.com/berita/290215/solo-sambut-baik-penerangan-jalan-bertenaga-surya
http://greenlove-ind.org/index.php/Berita/solo-sambut-baik-penerangan-jalan-bertenaga-surya.html

0 komentar:

Post a Comment