• Waspada! Suhu Bumi Naik Hampir 2 Derajat

    Pemanasan global atau efek rumah kaca yang terjadi karena emisi karbon dan metana serta dampak dari pengrusakan lingkungan oleh ulah manusia akan menjadi skenario berbahaya dan membawa dampak di bumi yang serius, jika tidak ada tindakan sungguh-sungguh untuk mencegah efek pemanasan global ( global warming) dengan melakukan pencegahan dan perbaikan bumi.

  • Stop Bad Mood Dengan Air Putih!

    Saat mood Anda terganggu, coba minum air untuk memperbaikinya. Mengapa? Karena Anda mungkin sedang dehidrasi! Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan di University of Connecticut oleh Lawrence E Armstrong dan Harris R Lieberman. Studi ini menemukan fakta bahwa berkurangnya cairan pada tubuh dapat berdampak pada suasana hati ,konsentrasi dan performa kerja Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, emosi jadi lebih sulit dikendalikan dan kita jadi lebih mudah tersinggung atau marah serta kurang berkonsentrasi pada pekerjaan

  • Enam Kota Berkualitas Udara Baik

    Jakarta (ANTARA) - Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup terhadap kualitas udara perkotaan, tiga kota metropolitan dan tiga kota besar masih meraih nilai tertinggi dan dianggap memiliki kualitas udara terbaik. Ke enam kota tersebut mendapatkan penghargaan yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup

  • Cerahkan Wajah dengan Sayuran

    Kebanyakan dari kita ingin memiliki kulit bersinar, terutama saat tua mulai menyapa. Beragam pola hidup dan perawatan pun dilakukan agar kulit tetap kinclong nan pesona. Bahkan, tak sedikit yang rutin berjemur di pagi hari untuk menangkap cahaya surya.

  • Jateng Target Tanam 100 Juta Pohon

    Penanaman 100.000 pohon dilakukan Kodam IV Diponegoro dalam rangka HMPI, Bulan Menanam Nasional (BMN), Kampanye Indonesia Menanam (KIM), dan Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011. Untuk wilayah Klaten mendapat jatah 45.000 bibit, sisanya di Boyolali dan Sleman.

Powered by Blogger.

48 Cara Hidup Sehat Hari ini

Posted by rizkipd On 8:42 AM No comments

1. Konsumsi lidah buaya bagus untuk menyejukkan perut dan menjaga bakteri sehat di usus.
2. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir paling sedikit 20 detik agar tangan benar-benar bersih.
3. Campuran minyak cedarwood, lavender dan rosemarry yang dipijatkan ke kepala bisa menumbuhkan rambut baru yang sehat.
4. Makanan segar menyediakan banyak serat, sedikit kalori, mengandung kolesterol baik, sedikit garam serta rendah gula.
5. Makan pisang secara rutin dapat mengurangi risiko kematian akibat stroke hingga 40%.
6. Makanlah makanan yang mengandung protein untuk menggantikan sel-sel yang mati.
7. Terapi pokok yang diperlukan untuk perawatan tuberkulosis (TB) adalah kalsium. Susu sebagai sumber makanan terkaya yang memasok kalsium organik tubuh. Diet untuk TB harus menyertakan setidaknya satu liter susu setiap hari.

8. Puasa sangat bermanfaat dalam hampir semua jenis gangguan perut dan usus. Puasa bersifat kuratif dalam kondisi ginjal dan hati yang serius. Puasa juga obat ajaib untuk eksim, penyakit kulit lainnya dan berbagai penyakit saraf.
9. Kurma kering adalah makanan yang menguatkan untuk laki-laki. Ditumbuk dan dicampur dengan almond, kacang-kacangan dan biji-bijian, ramuan ini merupakan pengobatan yang efektif untuk meningkatkan daya seksual.
10. Mandi uap dapat membantu mengurangi rematik, encok, masalah asam urat dan obesitas. Sebelum itu, hendaknya minum 1 atau 2 gelas air dingin dan melindungi kepala dengan handuk dingin. Durasi mandi uap sekitar 10-20 menit atau sampai keluar keringat.
11. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sakit kepala yang menghantam, yang terjadi di bagian belakang kepala sewaktu bangun di pagi hari. Untuk mengobatinya, rendamlah betis kaki ke dalam air panas 15-20 menit guna menarik darah dari kepala turun ke kaki.
12. Kulit manggis bisa melawan asam ureat bagi penderita rematik atau radang sendi (gout). Caranya, kuli manggis diiris kecil lalu dijemur kering, kemudian celupkan 2-3 iris kulit manggis kering ke dalam 1 gelas air panas. Minum setelah hangat rasanya agak sepat.
13. Minum angkak yang dimasak dari 30-100 gram angkak dengan 2 gelas air kemudian didihkan hingga menjadi 1 gelas untuk mengobati sakit demam berdarah dan menurunkan kolesterol. Angkak berkhasiat memperlancar dan menstabilkan darah.
14. Campuran kencur dan sedikit jahe bisa mengobati batuk dan tenggorakan gatal. Caranya parut kencur dan jahe kemudian ditambah air lalu diperas dan ambil sarinya, tambahkan garam sedikit.
15. Minum teh hijau membuat kulit bersinar, rambut sehat dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik. Teh hijau juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.
16. Minum air kelapa dapat mencegah dehidrasi dan kelelahan. Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang membantu mengisi cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh.
17. Pusing karena panas dan sering kelaparan menjadi bagian dari wanita hamil. Cobalah menjaga gula darah agar tak terlalu rendah dengan makan makanan kecil. Bawalah makanan ringan yang sehat sehingga bisa segera makan ketika merasa lapar.
18. Berkumur dengan air garam dapat menurunkan peradangan, menyembuhkan infeksi dan menguatkan gusi. Ambil garam dapur 3,75 gram masukkan ke dalam 250 ml air minum hangat. Lalu berkumurlah selama 1 menit sehari dua kali sehabis makan dan sebelum tidur.
19. Gunakan bawang putih untuk sakit mata atau mata belekan. Caranya ambil satu siung bawang putih, cuci bersih lalu potong ujung bawang. Gosok perlahan ujung bawang yang sudah di potong sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di bagian kelopak atas, sebaiknya di bagian kelopak mata bawah.
20. Rimpang jahe berkhasiat sebagai antiradang, pereda nyeri dan memperlancar peredaran darah yang dapat digunakan untuk meredakan migrain. Ambil serbuk rimpang yang telah dikeringkan sebanyak 0,5 gram untuk sekali seduh yang diminum 2-4 kali sehari.
21. Minum rebusan air akar daun kelor (Moringa oleivera) bisa memperlancar buang air kecil. Rebusan ini juga digunakan untuk sakit tulang, epilepsi dan kurang nafsu makan. Daun kelor mengandung zat anti-inflamasi, anti-piretik dan antiskorbut.
22. Untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari, cobalah untuk memejamkan mata beberapa saat tapi jangan terlalu lama karena dapat mengganggu tidur malam. Tidur siang bisa menyegarkan ingatan jangka pendek dan memberikan ruang untuk memasukkan informasi baru.
23. Makanlah buah lengkeng 250 gram setiap hari setelah mengalami sakit. Buah lengkeng dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan dan menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk proses pemulihan stamina sehabis sakit.
24. Gunakan ramuan temulawak untuk mengobati gangguan pada hati. Caranya iris rimpang temulawak tipis-tipis setelah dibersihkan, lalu direbus dengan air. Rebusan inilah yang nanti diminum, bisa juga ditambahkan madu.
25. Daun sirsak bisa digunakan untuk pengobatan sakit pinggang. Caranya 20 lembar daun sirsak direbus dalam 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Setelah dingin, diminum 1 gelas tiap hari.
26. Oleskan madu pada permukaan kulit yang luka sebelum dibalut dengan perban. Madu punya sifat antibakteri yang kuat juga mampu menghancurkan hampir semua jenis bakteri yang banyak menginfeksi luka.
27. Cara cepat menurunkan panas yaitu dengan meletakkan kantong es di pangkal paha. Hal ini mungkin tidak nyaman, tapi bekerja lebih cepat menurunkan panas pada inti tubuh.
28. Toilet yang paling dekat dengan pintu kamar mandi terbukti memiliki tingkat bakteri terendah, karena kebanyakan orang akan memilih toilet paling jauh untuk menjaga privasi, terutama di kamar mandi pria.
29. Jangan kompres luka dengan es karena bisa menghambat proses penyembuhan. Kompres luka dengan es membuat hormon yang berfungsi untuk memperbaiki luka malah tidak keluar.
30. Roti gandum, ubi jalar, bayam, telur, ikan tuna, salmon dan kacang merah adalah makanan tinggi protein dan nutrisi tertentu yang dapat membantu berkonsentrasi cukup lama.
31. Pernapasan dalam dapat membuat tubuh sehat secara keseluruhan karena memperbanyak asupan oksigen dalam tubuh. Caranya, hirup napas 30 detik, tahan 30 detik dan buang napas 30 detik.
32. Cuci tangan pakai sabun selama 20 detik bisa memberikan manfaat begitu besar. Pada anak usia 15 tahun ke bawah, kebiasaan ini dapat mencegah penyakit diare hingga 53 persen.
33. Berkumur dengan larutan garam dapat atasi gejala pilek seperti batuk dan sakit tenggorokan. Caranya, setengah sendok teh garam dilarutkan dalam secangkir air hangat, gunakan berkumur 3 kali sehari.
34. Celana dalam berbahan nilon bisa menjadi sarang bagi jamur kelamin karena tidak dapat menyerap keringat. Pilih celana dalam berbahan katun agar organ kelamin tetap kering, tidak lembab dan terhindar dari jamur.
35. Kurangi nasi putih dan mengganti dengan ubi, singkong, jagung atau pisang lebih banyak manfaat kesehatannya, karena merupakan karbohidrat kompleks dengan kadar gula rendah dan serat tinggi.
36. Kulit pepaya memiliki manfaat penyembuhan yang ampuh untuk mengobati ruam dan terbakar sinar matahari, serta untuk menghilangkan noda-noda hitam karena penuaan.
37. Kurangi risiko serangan jantung dan stroke dengan memelihara hewan seperti kucing, kelinci atau anjing. Hewan peliharaan dapat menjaga tekanan darah di bawah kontrol ketika Anda sedang stres.
38. Jari terluka saat memasak dapat diobati dengan lada. Bersihkan luka dengan air dingin dan pakai lada hitam untuk hentikan perdarahan. Lada hitam punya sifat analgesik, antibakteri dan antiseptik.
39. Humor dapat menjadi obat mujarab untuk menghilangkan stres, depresi, suasana hati yang buruk, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi rasa takut.
40. Sarapan pisang bisa cepat turunkan berat badan karena merupakan sumber pati resisten, yang bisa memaksa tubuh menggunakan lemak untuk menyimpan energi, bukan karbohidrat.
41. Teka-teki silang, catur, puzzle dan Sudoku dapat melatih otak sehingga dapat menjauhkan gejala demensia atau kepikunan.
42. Latihan pernapasan dalam seperti pada yoga, pilates dan tai chi, serta olahraga dayung dan renang merupakan cara tepat untuk mengoptimalkan tinggi badan.
43. Bulutangkis memiliki banyak manfaat, seperti membakar banyak kalori, memberi manfaat kardio yang lebih besar, melatih kekuatan kaki, serta dapat meningkatkan kepadatan tulang.
44. Pisang banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, protein, serta asam amino L-arginine dan L-carnitineserta yang dapat meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak.
45. Stroberi dicampur dengan baking soda bisa bertindak sebagai pemutih gigi. Oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan gigi selama 5 menit untuk mendapatkan gigi putih cemerlang.
46. Makanan mengandung banyak zinc seperti kacang, buncis, seafood, daging merah, telur dan kedelai dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala pilek dan flu.
47. Bawang putih mengandung senyawa kimia yang menawarkan sifat antibiotik dan antivirus yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghancurkan virus pilek dan flu.
48. Kencur dan kunyit dicampur jeruk nipis dan satu sendok kecap efektif mengeluarkan dahak dan riak dari saluran pernapasan, jadi bisa mengeluarkan debu-debu yang masuk dalam paru-paru.

Sumber : http://www.pertapan.com
http://greenlove-ind.org/index.php/Hidup-Sehat/48-cara-hidup-sehat-hari-ini.html

0 komentar:

Post a Comment