• Waspada! Suhu Bumi Naik Hampir 2 Derajat

    Pemanasan global atau efek rumah kaca yang terjadi karena emisi karbon dan metana serta dampak dari pengrusakan lingkungan oleh ulah manusia akan menjadi skenario berbahaya dan membawa dampak di bumi yang serius, jika tidak ada tindakan sungguh-sungguh untuk mencegah efek pemanasan global ( global warming) dengan melakukan pencegahan dan perbaikan bumi.

  • Stop Bad Mood Dengan Air Putih!

    Saat mood Anda terganggu, coba minum air untuk memperbaikinya. Mengapa? Karena Anda mungkin sedang dehidrasi! Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan di University of Connecticut oleh Lawrence E Armstrong dan Harris R Lieberman. Studi ini menemukan fakta bahwa berkurangnya cairan pada tubuh dapat berdampak pada suasana hati ,konsentrasi dan performa kerja Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, emosi jadi lebih sulit dikendalikan dan kita jadi lebih mudah tersinggung atau marah serta kurang berkonsentrasi pada pekerjaan

  • Enam Kota Berkualitas Udara Baik

    Jakarta (ANTARA) - Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup terhadap kualitas udara perkotaan, tiga kota metropolitan dan tiga kota besar masih meraih nilai tertinggi dan dianggap memiliki kualitas udara terbaik. Ke enam kota tersebut mendapatkan penghargaan yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup

  • Cerahkan Wajah dengan Sayuran

    Kebanyakan dari kita ingin memiliki kulit bersinar, terutama saat tua mulai menyapa. Beragam pola hidup dan perawatan pun dilakukan agar kulit tetap kinclong nan pesona. Bahkan, tak sedikit yang rutin berjemur di pagi hari untuk menangkap cahaya surya.

  • Jateng Target Tanam 100 Juta Pohon

    Penanaman 100.000 pohon dilakukan Kodam IV Diponegoro dalam rangka HMPI, Bulan Menanam Nasional (BMN), Kampanye Indonesia Menanam (KIM), dan Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011. Untuk wilayah Klaten mendapat jatah 45.000 bibit, sisanya di Boyolali dan Sleman.

Powered by Blogger.

Manfaat Tidur Untuk Kesehatan

Posted by rizkipd On 8:09 AM No comments

Tidur adalah salah satu cara untuk menenangkan diri dari kepenatan selama beraktivitas. Tidur dapat mengembalikan vitalitas seseorang menjadi lebih baik. Tidak mengherankan bila waktu tidur pada setiap orang berbeda-beda.

Banyak orang menganggap bahwa kurang tidur merupakan hal yang biasa padahal menurut sebuah penelitian dari Universitas Pennsylvannia kekurangan tidur sama berbahaya dengan tidak tidur.
Terdapat banyak penyebab kekurangan tidur. Stress di kehidupan sehari-hari dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk tidur dengan baik atau mungkin kita menukar tidur dengan lebih banyak pekerjaan atau bermain. Kita juga mungkin memiliki kondisi kesehatan atau kondisi mental yang mengganggu tidur dan kita juga menyadari bahwa sedang kekurangan tidur.
Para peneliti menemukan orang yang tidur hanya empat sampai enam jam per malam bereaksi lebih lambat dibanding mereka yang tidur selama delapan jam. Kondisi ini juga sama pada mereka yang tidak tidur selama dua malam walaupun mereka mengatakan tidak merasa lelah padahal ini adalah awal dari sebuah masalah.

Beberapa dampak dapat dirasakan apabila kita tidak mendapatkan atau kurang tidur dengan cara yang berkualitas. Di antaranya akan berdampak pada pengaruh daya ingat, konsentrasi dan berpikir menjadi menurun. Kurang tidur juga bisa memicu obesitas atau kegemukan. Karena seseorang yang kurang tidur cenderung mencari makanan manis dan berlemak. Di mana hal itu dipengaruhi hormon ghrelin yang menjadi meningkat sedangkan hormon leptin menurun.
Selain itu juga dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh atau yang dalam istilah kesehatan disebut dengan diabetes. “Glukosa yang meningkat itulah yang menyebabkan kasus diabetes meningkat,” Oleh sebab itu sebisa mungkin dapatkan tidur yang berkualitas yang akan memberi manfaat yang banyak terutama untuk kesehatan.
Mercylia dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menjelaskan lagi bahwa manfaat tidur itu ialah agar kecerdasan, ketelitian, kreativitas dan kemampuan mental dan emosional serta mood seseorang akan terus terjaga dan dapat berkembang.  “Tidur yang berkualitas juga dapat meremajakan kembali fungsi sel-sel tubuh dan memperbaiki fungsi metabolisme tubuh.
Sekarang ini dibutuhkan tidak cukup tidur saja untuk mencapai kualitas hidup lebih baik. Tidur berkualitas justru lebih diutamakan agar dapat mencapai kualitas hidup lebih baik. Gaya hidup sehat sangat dianjurkan agar tidur berkualitas  misalnya di sela aktivitas harus ada olahraga makan dengan gizi seimbang dan mengurangi hal-hal yang memicu stres misalnya merokok.

Sumber : http://www.beritaterkinionline.com
http://greenlove-ind.org/index.php/Hidup-Sehat/manfaat-tidur-untuk-kesehatan.html

0 komentar:

Post a Comment