• Waspada! Suhu Bumi Naik Hampir 2 Derajat

    Pemanasan global atau efek rumah kaca yang terjadi karena emisi karbon dan metana serta dampak dari pengrusakan lingkungan oleh ulah manusia akan menjadi skenario berbahaya dan membawa dampak di bumi yang serius, jika tidak ada tindakan sungguh-sungguh untuk mencegah efek pemanasan global ( global warming) dengan melakukan pencegahan dan perbaikan bumi.

  • Stop Bad Mood Dengan Air Putih!

    Saat mood Anda terganggu, coba minum air untuk memperbaikinya. Mengapa? Karena Anda mungkin sedang dehidrasi! Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan di University of Connecticut oleh Lawrence E Armstrong dan Harris R Lieberman. Studi ini menemukan fakta bahwa berkurangnya cairan pada tubuh dapat berdampak pada suasana hati ,konsentrasi dan performa kerja Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, emosi jadi lebih sulit dikendalikan dan kita jadi lebih mudah tersinggung atau marah serta kurang berkonsentrasi pada pekerjaan

  • Enam Kota Berkualitas Udara Baik

    Jakarta (ANTARA) - Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup terhadap kualitas udara perkotaan, tiga kota metropolitan dan tiga kota besar masih meraih nilai tertinggi dan dianggap memiliki kualitas udara terbaik. Ke enam kota tersebut mendapatkan penghargaan yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup

  • Cerahkan Wajah dengan Sayuran

    Kebanyakan dari kita ingin memiliki kulit bersinar, terutama saat tua mulai menyapa. Beragam pola hidup dan perawatan pun dilakukan agar kulit tetap kinclong nan pesona. Bahkan, tak sedikit yang rutin berjemur di pagi hari untuk menangkap cahaya surya.

  • Jateng Target Tanam 100 Juta Pohon

    Penanaman 100.000 pohon dilakukan Kodam IV Diponegoro dalam rangka HMPI, Bulan Menanam Nasional (BMN), Kampanye Indonesia Menanam (KIM), dan Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011. Untuk wilayah Klaten mendapat jatah 45.000 bibit, sisanya di Boyolali dan Sleman.

Powered by Blogger.

Program "Pertamina Sobat Bumi"

Posted by rizkipd On 7:54 AM No comments

  Kegiatan tanam merupakan
Program Pertamina Sobat Bumi  
Program Pertamina Sobat Bumi berorientasi pada percepatan perbaikan lingkungan yang berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon dengan kegiatan utama berupa ‘Menabung 100 Juta Pohon’. JAKARTA – Pertamina Sobat Bumi merupakan program baru yang diluncurkan PT Pertamina (Persero).

“Pertamina Sobat Bumi yang merupakan payung dari seluruh kegiatan sosial dan lingkungan perusahaan merupakan bukti komitmen yang mengacu pada Undang-undang Perseroan Terbatas pasal 74 tahun 2007, serta Peraturan Menteri Negara BUMN No.Per-05/MBU/2007. Peluncuran program tersebut rencananya dilaksanakan pada 1 Desember 2011, dengan salah satu gebrakan yang akan dilakukan yaitu kegiatan ‘Menabung 100 Juta Pohon", ujar Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, Seperti dilansir laman ESDM.

 “Kegiatan ‘Menabung 100 Juta Pohon’ ditujukan untuk meng-
urangi emisi karbon dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui skema kemitraan di dalam atau luar wilayah kerja Pertamina,” lanjut Karen.

Peluncuran program tersebut ditandai dengan penanaman tidak kurang dari 50.000 pohon di Area Panas Bumi Kamojang dengan mengundang beberapa menteri terkait.

Beberapa nama pohon yang akan ditanam di lokasi ini meliputi pohon Ki Beureum (11.000 pohon), Kiamis (12.000 pohon), Kieunog (10.000 pohon), Manglid (8.000 pohon), Puspa (5.000 pohon), dan pohon Kisalam (4.000 pohon).

Penanaman pohon selanjutnya akan diadakan pada 7 Desember 2011 di kaki Gunung Merapi dengan tidak kurang 15.000 bibit pohon yang pengadaannya bekerja sama dengan Harian Jogja dan Kopassus.

“Penanaman pohon di lokasi ini bertujuan untuk menghijaukan kembali area terdampak letusan Gunung Merapi. Nantinya lahan yang akan dijadikan lokasi penanaman pohon tersebut akan diberi nama bukit Pertamina." katanya

Pada puncak perayaan HUT Pertamina ke-54 10 Desember 2011 aksi penanaman pohon selanjutnya akan dilakukan di area hutan mangrove Kapuk Angke, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Tidak kurang dari 800 bibit pohon mangrove akan ditanam di area tersebut.

"Saya berharap pada 2011 jumlah pohon yang ditanam mencapai 1 juta pohon, lalu 4 juta pohon pada 2012, 15 juta pohon pada 2013, 30 juta pohon pada 2014 dan terakhir 50 juta pohon pada 2015" katanya.

“Pada 2011 diproyeksikan aksi tersebut mampu menyerap 3 juta ton karbon dan akan meningkat menjadi 311 juta ton karbon per tahun pada 2015. Kegiatan ini akan menjadikan Pertamina sebagai perusahaan pemimpin penyokong REDD+ dan menciptakan 10.000 ecopreneur di Indonesia" jelasnya. (c8/lik)

Sumber : http://wartapedia.com/lingkungan/konservasi

http://greenlove-ind.org/index.php/Berita/pertamina-luncurkan-program-qpertamina-sobat-bumiq.html

0 komentar:

Post a Comment