• Waspada! Suhu Bumi Naik Hampir 2 Derajat

    Pemanasan global atau efek rumah kaca yang terjadi karena emisi karbon dan metana serta dampak dari pengrusakan lingkungan oleh ulah manusia akan menjadi skenario berbahaya dan membawa dampak di bumi yang serius, jika tidak ada tindakan sungguh-sungguh untuk mencegah efek pemanasan global ( global warming) dengan melakukan pencegahan dan perbaikan bumi.

  • Stop Bad Mood Dengan Air Putih!

    Saat mood Anda terganggu, coba minum air untuk memperbaikinya. Mengapa? Karena Anda mungkin sedang dehidrasi! Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan di University of Connecticut oleh Lawrence E Armstrong dan Harris R Lieberman. Studi ini menemukan fakta bahwa berkurangnya cairan pada tubuh dapat berdampak pada suasana hati ,konsentrasi dan performa kerja Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, emosi jadi lebih sulit dikendalikan dan kita jadi lebih mudah tersinggung atau marah serta kurang berkonsentrasi pada pekerjaan

  • Enam Kota Berkualitas Udara Baik

    Jakarta (ANTARA) - Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup terhadap kualitas udara perkotaan, tiga kota metropolitan dan tiga kota besar masih meraih nilai tertinggi dan dianggap memiliki kualitas udara terbaik. Ke enam kota tersebut mendapatkan penghargaan yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup

  • Cerahkan Wajah dengan Sayuran

    Kebanyakan dari kita ingin memiliki kulit bersinar, terutama saat tua mulai menyapa. Beragam pola hidup dan perawatan pun dilakukan agar kulit tetap kinclong nan pesona. Bahkan, tak sedikit yang rutin berjemur di pagi hari untuk menangkap cahaya surya.

  • Jateng Target Tanam 100 Juta Pohon

    Penanaman 100.000 pohon dilakukan Kodam IV Diponegoro dalam rangka HMPI, Bulan Menanam Nasional (BMN), Kampanye Indonesia Menanam (KIM), dan Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2011. Untuk wilayah Klaten mendapat jatah 45.000 bibit, sisanya di Boyolali dan Sleman.

Powered by Blogger.

Mari Menjadi Pencinta Sayur

Posted by rizkipd On 9:28 PM No comments

Mari Menjadi Pencinta Sayur-1
Mari Menjadi Pencinta Sayur-1
Solusi simpel bagi yang tak suka sayur.
Punya rekan kerja, atau sahabat yang tak suka sayur? Atau jangan-jangan, kita termasuk orang tak suka sayur?
Padahal begitu banyak informasi yang diterima dan mengatakan sayur adalah makanan paling sehat di dunia. Tapi ini belum cukup berhasil menggerakan hati untuk makan sayur.

Atau banyak orang juga yang sudah mengatakan pada kita bahwa di dalam sayur ada begitu banyak serat, antioksidan, dan phytochemical atau zat warna sayur yang dapat membebaskan mereka dari berbagai penyakit, tapi masih belum mau makan sayur?

Mungkin sudah waktunya kita melakukan trik baru. Hal pertama yang kita lakukan adalah mengetahui latar belakang mengapa tidak suka sayur. Apa iya, mencintai sayur butuh keahlian khusus?
Satu hal yang pasti, untuk menjawab semua itu, banyak penelitian mengungkapkan banyak orang yang tak suka sayur karena pengalaman negatif semasa kecil dengan sayur. Entah itu karena dipaksa oleh orang tua untuk menghabiskan sayur atau karena punya pengalaman rasa tak enak saat menikmati salah satu sayur yang kemudian membuat mereka mengeneralisir semua jenis sayur.
Jadi cobalah untuk memahami, kita masuk dalam pengalaman negatif yang mana saat menikmati sayur. Lalu jangan dekatkan mereka dengan pengalaman itu, ucap Karen Collins, MS, RD, ahli nutrisi dari American Institute for Cancer Research.
Setelah itu, kenali rasa apa yang mereka sukai. “Jika kita menyamakan lidah kita dengan lidah mereka, maka selezat apapun sayuran yang dimasak tak akan menggugah selera,” Collins kembali mengingatkan.
Tapi selain faktor pengalaman negatif dengan sayur, Collins juga menyebutkan faktor fisik juga bisa membuat seseorang sulit ‘akrab’ dengan makanan sehat ini. Collins menyebutnya sebagai faktor genetik yang pada orang tertentu akan membuat indera perasa mereka sangat sensitif terhadap rasa-rasa tertentu.
Di Amerika Serikat, ada sebanyak 25 persen dari populasi yang mengalami hal tersebut. “Dan umumnya rasa pahit dari sayurlah yang paling sensitif mereka rasakan yang membuat mereka kesulitan untuk menyukai sayur.”
Tapi tenang saja, bukan berarti kita tak bisa membuat mereka mau menikmati sayur. Cukup ikuti trik simpel dari Elaine Magee, MPH, RD, ahli nutrisi yang sudah menerbitkan beragam buku tentang nutrisi dan kesehatan.
1. Selipkan sayur pada makanan-makanan kesukaan kita.
Meskipun hanya potongan kecil, tapi jangan ragu untuk memasukkan sayur pada makanan kita. Tomat, bayam, atau jamur adalah sayuran yang bisa menjadi pilihan untuk dicincang halus ke dalam omelet kita.
2. Coba buat sup sayuran.
Masih sama dengan trik no.1, tambahkan sup-sup kesukaan kita dengan potongan sayur. Sup ayam atau daging akan terasa lebih lezat dengan potongan tomat dan wortel. Atau creamy soup juga dinikmat saat ditaburi kacang edamame.
3. Buat pizza sayur.
Suka pizza atau pasta, coba tambahkan potongan sayur di atasnya. Bisa brokoli, seledri, wortel, atau kentang yang akan tetap enak ketika dilumuri saus pizza atau pasta. Cobalah untuk memotong sayuran tersebut lebih kecil. Sebab semakin kecil, semakin sulit dikenali sebagai sayur.
4. Masak dengan cara berbeda.
Ada beberapa sayur yang akan tidak terasa seperti sayur ketika kita memasaknya dengan teknik yang berbeda. Contohnya jagung, ketika dipanggang, kita tak akan menghitungnya sebagai sayur. Tapi sebelum memanggangnya, coba olesi jagung dengan minyak zaitun yang akan menambah sensasi sayur bakar kita. Atau coba nikmati tomat atau jamur Portobello dengan krim keju, pasti terasa lebih menggiurkan.
5. Siasati sayur-sayur dengan rasa yang pahit.
Tak bisa dipungkiri ada sayur yang memiliki aroma yang kuat dan rasa yang pahit, biasanya ditandai dengan warna-warna yang pekat seperti hijau tua atau ungu. Yang perlu kita ingat, sayuran jenis ini semakin lama kita memasaknya makan aroma dan rasanya akan semakin kuat. Itu mengapa jangan sampai memasaknya terlalu lama.
Setelah itu, coba tumis sayuran itu dengan minyak zaitun dan tambah dengan perasan lemon untuk memberikan rasa asin dan asam sehingga rasa pahit tergantikan dengan sempurna.
Jadi siapa bilang kita harus ‘bermusuhan’ dengan sayur selamanya!Waktunya untuk jatuh cinta dengan sayur! (Siagian Priska)

Sumber : http://preventionindonesia.com/article.php?name=/mari-menjadi-pencinta-sayur&channel=nutrition_and_recipes%2Fnutrition_basics
http://greenlove-ind.org/index.php/Herbal/mari-menjadi-pencinta-sayur.html

0 komentar:

Post a Comment